Saturday, 27 February 2016

Sejarah adanya Android

Di sini siapa sih yang tidak tahu tentang android, tentunya semuanya sudah pada tahukan. Android sendiri adalah sebuah sisitem operasi untuk perangkat lunak mobile dan berbasis linux yang mencangkup sistem operasi, middleware dan aplikasi. Awalnya mbah Google membeli Android yang merupakan pendatang baru yang membuat piranti lunak untuk ponsel atau smartphone. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentukanlah Open Handset Aliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi.

Pada saat perilisan perdana Android 5 November 2007, Android bersama Open Handset Aliance menyatakan untuk mendukung perkembangan open source pada perangkat mobile. Namun di lain pihak google merilis kode kode Android di bawah lisensi apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan open platform perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi yang berbasis Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari pihak si Mbah Google dan yang kedua adalah yang benar benar bebas distributornya tanpa dukungan langsung dari Mbah Google atau di kenal dengang sebutan Open Handset Distrubution. Sekitar Sepetember 2007 Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis smartphone yang menggunakan Android sebagai sistem operasi. Telepon seluler ini di produksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2008. Pada 9 Desember 2008, di umumkan anggota baru yang bergabung dalam program Android.

Sejarah adanya Android
 
Pada saat ini sudah kebanyakan handphone yang berbasis Android, itu menandakan bahwa OS Android ini berkembang lebih cepat. Karena Android sendiri adalah sistem operasi yang bersifat open source sehingga bebas didistribusikan dan di pakai oleh vendor manapun. Tidak hanya menjadi sistem di smartphone, saat ini Android juga menjadi pesaing utama dari Apple pada sistem operasi Tablet PC. Pesatnya pertumbuhan Android selain faktor yang disebutkan diatas adalah karena Android itu sendiri adalah platform yang sangat lengkap baik itu sistem operasinya, aplikasi dan pegembangan.

A. Android Platform Masa Depan

Berikut adalah platform masa depan dari Android
- Lengkap ( Complete Platform), para desainer dapat melakukan pendekatan yang komprehensif ketika mereka sedang mengembangkan platform Android. Android merupakan sistem operasi yang aman dan memungkinkan untuk peluang pengembangan aplikasi.

- Terbuka ( Open Source Platform), Platform Android disediakan melalui lisensi open source, pengembangan dapat dengan bebas untuk mengembangkan aplikasi karena Android sendiri menggunakan Linux Kernel 2.6

- Free ( Free Platform), Android adalah platform atau aplikasi yang bebas untuk develop. Tidak ada lisensi atau biaya keanggotaan diperlukan. Tidak di perlukan biaya untuk pengujian, tidak ada kontrak yang di perlukan, Android sendiri dapat di distribusikan dan diperdagangkan dalam bentuk apapun.


Android sendiri merupakan generasi baru dari platform mobile, platform yang memberikan penegmbang untuk melakukan pengembangan sesuai dengan yang di harapkan. Adroid sendiri didistribusikan di bawah lisensi Apache Software yang memungkinkan untuk di distribusikan kedua dan seterusnya. Komersialisai pengembangan dapat di pilih untuk meningkatkan platform tanpa harus memberikan perbaikan mereka ke masyarakan open soruce.

B. The Dalvik Virtual Machine
 The Dalvik Virtual Machine sendiri merupakan salah satu elemen kunci dari Android. Android berjalan di dalam Delvik Virtual Machine bukan di Java Virtual Machine. sebenarnya banyak persamaan dengan Java Virtual Machine  tetapi Android menggunakan Virtual Machine sendiri yang menurut saya dikustomisasi dan di rancang untuk memastikan bahwa beberapa feature feature berjalan lebih efesien pada perangkat mobile.
Semua hardwar yang berbasis Android di jalankan dengan menggunakan Virtual Machine untuk seksekusi aplikasi, pegembang tidak perlu khawatir tentang implementasi perangkat keras tertentu.

C. Android SDK
Android SDK atau bisa juga di sebut dengan sebutan Software Development Kit yang di perlukan untuk memulai mengembangkan aplikasi pada platform Android mengganakan bahasa pemrograman java. Android merupakan subset perangkat lunak untuk ponsel yang meliputi sistem operasi, middleware dan aplikasi kunci yang di release oleh Mbah Google. Saat ini di sediakan Android SDK sebagai alat bantu dan API untuk memulai mengembangkan aplikasi pada platform Android mengganakan bahasa permrograman java. Sebagai aplikasi netral, Android memberi Anda kesempatan untuk membuat sebuah aplikasi yang kita butuhakan yang bukan merupakan aplikasi bawaan Handphone ataupun Smartphone. Beberapa fitur fitur Android yang palling penting adalah:

- Framework Aplikasi yang mendukung penggatian komponen dan reusable.
- Mensi Virtual Dalvik dioptimalkan untuk perangkat mobile
- Integrated browser berdasarkan engine open source WebKit
- Grafis yang dioptimalkan dan didukung oleh libraries grafis 2D, grafi 3D berdasarkan spesifikasi opengl.
- SQLite untuk menyimpan data (database)
- Media Support yang mendukung audio, video dan juga gambar.
- Bluetooth dan Wifi
- Kamera dan GPS

D. Android OS
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi bahwa sistem operasi pada Android yang linux atau open source. Selain Android SDK yang di gunakan untuk mengembangkan aplikasi, Android juga tersedia bebas dalam bentuk operating sistem. Jika Anda ingin  berlatih coding maka Anda bisa mengunjunginya secara langsung pada situs resminya yaitu code google.com.

E. Application dan Widgets
Application dan Widgets ini adalah layar di mana kita berhubungan dengan aplikasi sja, di mana biasanya kita download aplikasi kemudian kita lakukan instalasi dan jalankan aplikasi tersebut dan kemudian saat kita buka aplikasinya di layar akan terdapat aplikasi inti termasuk klien dan email, di mana di dalam aplikasi ini terdapat berbagai widgets yang bisa di gunakan untuk melakukan sebuah coding.

Cukup itu dulu penjelasan mengenai sejarah adanya Android sebagai wawasan untuk menambah pengetahuan pada diri kita akan berkembangnya aplikasi Android di zaman yang serba teknologi ini,dengan mengetahui sejarah dari Android barang kali pada diri Anda ada rasa semangat yang muncul dari hati Anda untuk bisa membuat aplikasi atau mengembangkan aplikasi Android menggunakan sebuah apliksai yang sudah di rancang khusus untuk membuat aplikasi Android.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan bisa membuat Anda bisa menjadikan semangat dalam membuat aplikasi Android.
Subscribe to this Blog via Email :