Monday, 21 March 2016

Cara Menginstall Joomla di XAMPP dengan Mudah

Cara Menginstall Joomla di XAMPP dengan Mudah, sebelum ke pembahasan akan sedikit saya review terlebih dahulu apakah Anda tahu apa itu joomla? Jika belum tahu maka Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa itu sih joomla dan fungsinya. Joomla sendiri yaitu seperti Wordpress dan Drupal, akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda beda sehingga Anda tidak bosan jika menggunakan Joomla ini. 

Apabila Anda ingin menginstal joomla secara offline maka syarat pertama yang Anda harus lakukan adalah menginstall Xampp terlebih dahulu. Mengapa harus menginstall Xampp terlebih dahulu? Karena Xampp ini berfungsi untuk memanggil joomla tersebut melalui browser yang sering Anda gunakan, jika Anda sudah melakukan instalasi Xampp maka kita lanjut ke tahap selanjutnya, contoh jika ingin memanggil joomla ataupun wordpress ketikan perintah seperti ini pada alamat browsernya, localhost/nama_folder Anda. Namun sebelum melakukan pemanggilan Anda harus membuat databasenya terlebih dahulu. 

Cara Menginstall Joomla di XAMPP dengan Mudah
joomla icon
 Apabila Anda ingin membuat sebuah database di Xampp maka Anda cukup mengetikan perintah seperti ini localhost/phpmyadmin lalu enter maka Anda akan di bawa ke halaman admin di mana nantinya Anda akan membuat file databasenya di sana. Jika belum mengerti ataupun belum tahu silahkan Anda bisa browsing browsing terlebih dahulu di google cara membuat database di Xampp.

Kita lanjut ke tahap cara instalasi joomla

1. Pertama Anda buka sebuah browser terlebih dahulu, silahkan Anda bisa menggunakan Firefox ataupun Chrome. Jika sudah ketikan localhost/nama_folder Anda kemudian enter.
2. Setelah menekan enter maka akan di bawa ke tampilan seperti pada gambar di bawah ini, 

Cara Menginstall Joomla di XAMPP dengan Mudah
install tahap pertama joomla
 Jika sudah menemukan atau sudah berada pada tampilan seperti pada gambar di atas maka silahkan isi data diri Anda di situ,

Site Name                         : Isikan nama situs yang akan Anda kelola nantinya, saran saya isikan sesuai tema yang akan Anda ambil untuk website Anda.

Description                        : Pada description ini isikan tentang isi website Anda, misalkan website Anda tentang makanan berarti descriptionnya tentang makanan yang di bahas.

Admin Email                      : Isikan email Anda yang masih aktif untuk terus di gunakan.

Admin Username               : Isikan nama Anda juga boleh, nantinya ini akan di jadikan sebagai username login.

Admin Password               : Isikan password sesuai keinginan Anda, sebaiknya password jangan panjang panjang nanti sulit di ingatnya.

Confirm Admin Password  : Silahkan isikan kembali password Anda.

Jika semuanya sudah beres maka silahkan Anda bisa memilih Next yang terdapat pada kanan atas yang berwarna biru itu. Setelah memilih Next maka akan di bawa ke tahap kedua, untuk tahap kedua Anda bisa lihat tampilan gambar di bawah ini. 

Cara Menginstall Joomla di XAMPP
install joomla pada tapah kedua
 Setelah selesai melewati langkah satu maka Akan ada tampilan ke tahap kedua, tampilan kedua dari joomla yaitu seperti pada gambar di atas. Pada tampilan kedua ini Anda harus mengisi lagi data data yang di sediakan oleh joomla. 

Database Type     : Pada database type ini Anda silahkan isi sesuai yang tertera di bawahnya, kalau saya si memilih MySQL

Host Name           : Untuk mengisikan host name isikanlah dengan nama localhost

Username             : Pada username isikan juga root

Password              : Pada password Anda boleh untuk mengosonginya

Database Name   : Isikan terserah Anda alias bebas.

Apabila semuanya sudah di isikan dengan betul dan benar maka Anda bisa tekan Next untuk melanjutkan ke tahap yang selanjutnya yaitu tahap ke 3. Pada tahap ketiga ini silahkan lihat gambar yang tertera di bawah ini supaya lebih jelas.

Cara Menginstall Joomla
install joomla pada tahap ketiga
 Gambar di atas merupakan gambar pada tahap yang ketiga, untuk lebih jelasnya Anda bisa menyamakannya dengan gambar di atas itu. Jika sudah sama maka klik Install dan tunggu hasilnya sampai selesai ya . . .

tahap install joomla
tahap install joomla
 Gambar di atas merupakan gambar saat sedang melakukan sebuah instalasinya, untuk itu silahkan Anda bisa menunggunya sampai tahap ini selesai, jangan mengclose browser yang sedang di guanakan untuk menginstall joomla tersebut, karena akan berakibatkan fatal nantinya.

Jika sudah di install dan berhasil, maka inilah tampilan Site Administrator dari Joomla yang barusan kita install itu. Apabila Anda ingin mengedit ngedit situs Anda maka Anda bisa melakukannya di Site Administrator, misalkan mau menambahkan Populer Post, Menu, Submit Article dan lain lain semuanya sudah ada di sini.

Site Administrator Joomla Offline


Itulah cara menginstall joomla pada Xampp dengan mudah dan Anda bisa mempraktikkannya di laptop masing masing. Cukup sekian postingan kali ini, apabila kurang jelas dan ada yang ingin di pertanyakan silahkan di tanyakan melalui kolom komentar yang berada di bawah.

Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi Anda.
Subscribe to this Blog via Email :