Tuesday, 15 March 2016

Cara Menginstall Microsoft Widows dalam OS Ubuntu

Cara Menginstall Microsoft Widows dalam OS Ubuntu, jika sebelumnya sudah membahas tentang wine maka sekarang akan saya jelaskan tentang cara alternatif menginstal Microsoft Windows pada Ubuntu. Tentu saja kita tidak begitu saja menginstal Mincrosoft Windows pada sistem Ubuntu, karena itu adalah cara yang mustahil sekali yang apabila di lakukan. Untuk dapat menginstal sistem operasi lain pada sebuah sistem operasi yang sudah ada maka kita membutuhkan komputer virtual.

Tahukah Anda apa itu komputer virtual? Jadi komputer virtual ini yaitu aplikasi yang nantinya akan di install pada sistem Operasi Ubuntu. Ada beberapa jenis aplikasi komputer virtual tapi kali ini kita akan menggunakan salah satu yang paling terbaik dari yang terbaik, mudah dan simple tentunya. Apakah itu? Ya tentunya Virtual Box

Cara Menginstall Microsoft Widows dalam OS Ubuntu
oracle vm virtual box

Sebelum pembahasan ini di lanjut lebih jauh akan lebih baik jika Anda harus mengetahui terlebih dahulu jika Anda ingin menjalankan proses ini, karena jika Anda menjalankan proses ini akan membebani komputer Anda atau bisa di bilang lemot. Untuk itu jika Anda memiliki komputer yang spesifikasinya rendah yaitu kapasitas RAM di bawah 512 maka saya anjutkan untuk tidak menjalankan proses ini, karena ini akan menjadi suatu kendala bagi komputer Anda.

1. Instalasi Virtual Box
Tahap yang pertama Anda lakukan yaitu mengistal Virtual Box, jika pada linux Anda dapat menginstallnya melalui Ubuntu Software Center dan Sypnatic. Namun jika Anda ingin memilih menggunakan Terminal maka Anda bisa ketikan printah seperti di bawah ini.

sudo apt-get install virtualbox-ose

Apabila sudah mengetikkan printah tersebut maka enter. maka akan di suruh memasukan password linux pada umumnya, masukanlah password Anda. Jika sudah maka tunggulah sampai proses ini selesai dan sukses atau berhasil di install.

2. Mempersiapkan Bahan
Sebelum berlanjut untuk menginstal OS Microsoft Widows maka yang pertama adalah menyiapkan bahan bahannya yaitu berupa Virtual Box.
 
a. Apabila sudah di instal Virtual Boxnya maka buka lah software tersebut.
 
b. Pada tampilan Virtual Box pilih tombol New
 
c. Apabila sudah memilih New maka akan muncul jendela baru yaitu Create New Virtual Machine. Maka pilih saja Next.
 
d. Pada tampilan yang berikutnya maka berilah nama OS Anda sesuai keinginan Anda dan pilih type OS tersebut. Contoh jika Anda ingin menginstall Microsoft Windows XP maka pilihlah dan klik Next.
  
e. Kemudian pada tampilan berikutnya yaitu aturlah kapasitas memori RAMnya. RAM inilah yang nantinya akan di ambil dari RAM komputer utama. Untuk itu sesuaikanlah diengan kapasitas RAM sesungguhnya yang Anda miliki di komputer tersebut.
 
f. Setelah selesai maka klik lah tombol Next, maka akan muncul tampilan Virtual Hard Disk. Tandai Boot Hard Disk dan Create New Hard Disk dan klik Next lagi.
 
g. Pada tampilan Hard Disk Storage Type Anda akan menentukan tiper dari Hard Disk Virtual. Pilihan Dynamical Expanding Storage akan mengambil hard disk dari komputer Anda dengan jumlah yang di perlukan saja, dan tentunya hard disk virtual tersebut akan bertambah kapasitasnya secara otomatis sesuai dengan jumlah file yang Anda masukan pada komputer virtual.

h. Kemudian pada tampilan berikutnya tentukan di mana hard disk virtual Anda akan di simpan pada komputer host. Hard Disk Virtual ini nantinya akan berbentuk file yang akan di simpan pada direktory ~/.virtualbox

i. Kemudian pada size isikan kapasitas maksimal dari hard disk virtual Anda karena pada pint nomer 8 tadi kita menggunakan pilihan yang pertama.
 
j. Terakhir klik Next dan Finish.


3. Instalasi OS
Setelah selesai mempersiapkan Virtual Boxnya maka langkah selanjutnya yaitu tinggal langkah Instalasi OSnya. Untuk melakukan hal itu masukanlah CD/DVD Microsoft Windows XP milik Anda, kalau misalkan tidak punya maka bisa menggunakan flashdisk asalkan punya masternya.

Setelah Anda mengeklik tombol start, pada tampilan pop up Welcome To The First Run Wizard yang muncul klik tombol Next. Kemudian pada tampilan berikutnya yaitu tandai pilihan CD/DVD ROM Device apabila Anda menggunakan CD/DVD, namun jika menggunakan flashdisk maka pilihlah flashdisk tersebut, kemudian klik Next dan terakhir klik tombol Finish.


Itu saja yang dapat saya jelaskan mengenai Cara Menginstall Microsoft Widows dalam OS Ubuntu, apabila dalam pembahasan ini kurang jelas silahkan untuk berkomentar di bawah dan secepatnya akan saya balas dengan kemampuan saya.

Apabila postingan ini bermanfaat bagi Anda maka Anda boleh untuk mengsharenya ke sosial media ataupun yang lainnya untuk bertujuan supaya orang orang bisa mengerti tentang cara menginstal Microsoft Windows pada OS Ubuntu.
Subscribe to this Blog via Email :