Monday, 7 March 2016

Pengenalan Dasar Bahasa C dan C++

Di sini ada yang tahu tentang bahasa pemrograman C dan C++? Jika belum ada yang tahu berarti Anda juga belum tahu tentang apa itu coding. Kalu begitu akan saya jelaskan dasar dasar pengenalan tentang bahasa C dan C++ yang sering kita gunakan saat mengcoding. Pada umumnya bahasa ini sering sekali di gunakan dalam sebuah praktikum, sebenarnya dari kedua bahasa tersebut hampir memiliki printah yang sama namun agak berbeda sedikit.

Bahasa C++ adalah bahasa yang levelnya lebih tinggi dari bahasa C, karena merupakan satu tinggak dari bahasa C dan sehingga di sebut menjadi bahasa C++. Sebelum berbicara lebih jauh perlu Anda ketahui bahwa pada bahasa C++ memiliki komponen komponen dasar yang terkandung di dalamnya sperti kerangka program, identifier, tipe data, pengulangan, percabangan, operator, input dan output, pointer dan satunya lagi array.
Baik lah mari kupas satu per satu dari maksud di atas.

Pengenalan Dasar Bahasa C dan C++


1. Pengenalan Bahasa C++
Apa itu Bahasa C++? C++ merupakan sebuah bahasa pemrograman yang levelnya lebih tinggi dari bahasa C, akan tetapi Bahasa C++ dan C tidak jauh beda dengan satu dan yang satunya hanya sedikit sekali perbedaannya. Jika Anda sering menggunakan sebuah program C atau C++ akan menemukan sebuah tulisan yang bertuliskan #include <iostream> bukan? jika ia maka itu adalah salah satu ciri ciri dari Bahasa C dan C++ sendiri, selain itu ada juga tulisan yang bertuliskan seperti ini dalam Bahasa C dan C++
using namespace std;

2. Operator
Dalam bahasa C ataupun C++ di kenal dengan adanya sebutan operator assignment, operator assignment ini merupakan operator yang berfungsi untuk menginputkan atau memasukan assignment nilai ke dalam suatu variabel ataupun konstanta. Operator ini di lambangkan dengan tanda sama dengan (=).

3.  Komentar, Identifier dan Tipe Data
Dalam bahasa C atau C++ tidak lupa pula dengan yang namanya komentar, identifier dan tipe data. Dalam pembahasan ini yaitu mengenai komentar didefinisikan sebagai bagian dari sintaks program yang tidak ikut dibaca pada saat proses kompilasi. Degnan kata lain komentar tidak akan mempengaruhi jalannya program. Namun dalam bahasa C++ komentar sendiri di bagi menjadi dua bagian, yaitu bagian yang terdiri dari suatu baris dan komentar yang terdiri dari beberapa baris.

Kemudian pengertian tentang identifier, identifier merupakan suatu pengenal atau pengidentifikasi yang dapat di deklarasikan agar kompiler dapat mengenalinya. Identifier sendiri dapat berupa nama variabel, konstanta, fungsi, namespace dan masih banyak lagi lainnya. Namun dalam hal ini kita hanya akan membahas tentang identifier yang berperan sebagai variabel dan konstanta saja. Identifier yang berperan sebagai variabel dan konstanta berfungsi untuk menampung sebuah nilai yang di gunakan dalam program, tujuan adanya identifier ini untuk mempermudah proses penanganan data atau nilai, misalnya untuk menampilkan atau memasukan nilai.

4. Percabangan
Di dalam bahasa C++ terdapat dua buah jenis struktur yang di gunakan untuk mengimplementasikan suatu percabangan yaitu dengan menggunakan struktur if dan switch. Statement statement yang terdapat dalam sebuah blok percabangan akan di ekskusi hanya jika kondisi yang di defenisikan terpenuhi atau bernilai benar. Namun jika kondisi bernilai salah maka tidak terpenuhi atau tidak di eksekusi.

5. Pengulangan
Tahu kah Anda apa itu yang di maksud pengulangan di bahasa pemrograman baik di C maupun di C++? Kalau belum tahu akan saya jelaskan sedikit tentang apa itu sih pengulangan yang sering kita temui di dalam praktikum.
Pengulangan sendiri adalah suatu proses yang melakukan statement atau pernyataan dalam sebuah program secara terus menerus sampai terdapat kondisi untuk menghentikannya. Struktur pengulangan akan sangat membantu dalam efesiensi program. Untuk mengetahui konsep ini marilah lihat script yang terdapat di bawah ini.
#include <iostream>

using namespace std;

int main () {

    cout<<"Materi pengulangan di bahasa pemrograman"<<endl;
    cout<<"Materi pengulangan di bahasa pemrograman"<<endl;
    cout<<"Materi pengulangan di bahasa pemrograman"<<endl;
    cout<<"Materi pengulangan di bahasa pemrograman"<<endl;
    cout<<"Materi pengulangan di bahasa pemrograman"<<endl;
    cout<<"Materi pengulangan di bahasa pemrograman"<<endl;
    cout<<"Materi pengulangan di bahasa pemrograman"<<endl;
    cout<<"Materi pengulangan di bahasa pemrograman"<<endl;
    cout<<"Materi pengulangan di bahasa pemrograman"<<endl;
    cout<<"Materi pengulangan di bahasa pemrograman"<<endl;
Kemudian akan saya jelaskan maksud dari program sederhana pengulangan yang terdapat di atas. Jika di lihat ada sepuluh pengulangan yang bertuliskan "Materi pengulangan di bahasa pemrograman". Berarti bisa di simpulkan bahwa saat di compile maka akan muncul sepuluh kali tulisah tersebut, itulah yang di namakan pengulangan dalam bahasa C++. Akan tetapi program di atas merupakan program yang belum efesiensi, mengapa belum efesiensi? Karena program tersebut masih bersifat manual ketik, coba bayangkan saja jika Anda ingin membuat 500 atau 1000 kata pengulangan? Jika kita menggunakan cara yang di atas maka tenaga dan waktu kita akan terbuang sia sia. Oleh karena itu ada program yang lebih simple dari yang di atas tersebut.

Namun jika kita ingin membuat sebuah program pengulangan statement atau pernyataan, maka tentunya kita harus mengenal dengan baik aturan aturan yang terdapat di dalamnya sehingga kita dapat terhindar dari kesalahan kesalahan saat melakukan coding dan mengcompile. Perlu Anda ketahui bahwa di dalam bahasa C++ terdapat ada tiga buah pengulangan, yaitu struktur for, struktur while dan struktur do while.

6. Input dan Output
 Apakah ada yang tahu tentang input dan output dalam bahasa pemrograman di C ataupun di C++? Jika ada yang belum tahu maka akan saya jelaskan sedikit tentang pengertian input dan output yang sering kita jumpai di setiap melakukan coding. Input dalam bahasa pemrograman C dan C++ di sebut atau di tuliskan dengan tulisan cin yang berarti si in. Sedangkan output sendiri yaitu cout atau bisa di baca si out.  Jadi jika ingin mengcoding dan ingin memasukan input dan output maka gunakanlah cin dan cout.

7. Pointer
Salah satu kelebihan dari bahasa C atau C++ yaitu karena bahasa ini dapat mendukung untuk memanipulasi memori dengan menggunakan pointer, namun di balik kelebihannya itu juga dapat mengakibatkan sistem operasi menjadi crash (rusak). Penggunaan pointer yang salah juga dapat membuat komputer menjadi bug atau not responding.
  
8. Array
Pada umumnya seseorang sudah mengerti apa itu array dalam bahasa C dan C++, karena array yaitu sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memiliki tipe yang sama dan setiap data tersebut menempati lokasi atau alamat memori yang berbeda beda dan selanjutnya di sebut dengan sebutan array. Elemen array itu kemudian dapat kita akses melalui index yang terdapat di dalamnya, namun penting sekali untuk di perhatikan bahwa dalam bahasa pemrograman C++ indek array selalu di mulai dari 0 bukan 1.
  
9. Fungsi
Selanjutnya yaitu fungsi, dalam bahasa pemrograman C++ fungsi merupakan kumpulan dari semua fungsi fungsi lainnya, baik itu yang di definisikan langsung dalam program maupun yang disimpan dalam suatu file header, bahasa C dan C++ sendiri memiliki fungsi utama yang di sebut fungsi main ( ). Fungsi ini merupakan fungsi yang selalu ada di dalam setiap program bahasa C dan C++.

Itulah dasar dasar pengenalan bahasa pemrograman C dan C++ yang sering kita jumpai di dalam praktikum, perlu Anda ketahui bahwa bahasa ini masih sering di gunakan terutama juga bisa di gunakan untuk membuat sebuah aplikasi Android, untuk itu jika Anda ingin menguasai bahasa pemrograman C dan C++ maka kenalilah terlebih dahulu dasar dasarnya, sehingga akan membuat Anda menjadi lebih mudah dalam mengcoding tanpa salah.
Subscribe to this Blog via Email :