Thursday, 7 April 2016

Cara Membuat Google Map Sendiri Dengan Script

·   0
Cara Membuat Google Map Sendiri Dengan Script. Tahukah Anda apa itu Google Map? jika belum tahu maka akan saya jelaskan terlebih dahulu tentang apa itu Google Map. Google Map sendiri yaitu peta situs yang di gunakan untuk mempermudah seseorang dalam menemukan lokasi yang di cari, namun Google Map ini apabila ingin menggunakannya harus terkonek ke internet terlebih dahulu. Namun di sini saya akan jelaskan cara membuat sebuah Google Map dengan script versi saya, sebelum berlanjut ke tahap pembuatan Google Map perlu kita siapkan dahulu yaitu alat coding di laptop masing masing.

Apabila alat alat sudah siap maka kita bisa memulai mencoding, eh iya hampir lupa alat alatnya apa saja. Berikut alat alat yang harus Anda siapkan apabila ingin mengcoding sebuah program,

1. Sublime Text
2. Code Block
3. Notepad ++
4. Min GW
5. Microsoft Visual Studio

Nah dari ke lima program di atas itu sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama namun memiliki fitur yang berbeda beda. Silahkan Anda ingin menginstall yang mana, atau Anda ingin menginstallnya semua. Okelah setelah di install maka kita bisa mulai mencoding.

Cara Membuat Google Map Sendiri Dengan Script
google map


1. Pertama tama Anda buka salah satu program tersebut. Di sini saya menggunakan program Code Block. Silahkan Anda bisa pilih sesuai kesukaan hati Anda.

2. Jika sudah di pilih dan di buka maka pada Code Block Anda bisa membuat Empty File. Caranya yaitu Pilih File -- New -- Empty File.


3. Setelah selesai ketikkan kode program atau script seperti pada gambar di bawah ini.

Jika Anda malas untuk mengetikkannya maka Anda bisa mencopy kode programnya yaitu

kode program google map
kode program

4. Jika sudah di ketikkan maka Anda bisa menyimpannya dengan extensi html, karena nantinya kita akan memanggilnya lewat browser.

hasil dari google map buatan sendiri
output program
5. Nah itulah gambar output dari codingan tadi. Namun untuk melihat hasil yang seperti pada gambar di atas maka Anda harus terkonekkan ke internet terlebih dahulu supaya hasil bisa sama dengan gambar yang berada di atas itu.

Nah itulah cara membuat Google Map versi sendiri yang tentunya lebih asyik dalam pembuatannya, untuk editor programnya Anda bisa menggunakan Notepad++, Sublime Text dan Code Block yang tentunya memiliki fitur fitur berbeda beda setiap program. Untuk itu Anda bisa  menggunakan yang Anda sukai saja karena pada intinya yaiut outputnya sama dan apabila ada yang kurang jelas bisa Anda tanyakan melalui kolom komentar di bawah ini.
Subscribe to this Blog via Email :