Wednesday, 6 April 2016

Contoh Program Pointer Pada C++

·   0
Contoh Program Pointer Pada C++, apa bila Anda ingin mengerti atau ingin mendalami program bahasa C++ khususnya pada pointer maka Anda bisa mencoba programnya yang satu ini. Namun sebelum mencobanya alangkah lebih baik jika di komputer atau laptop Anda sudah ada Notepad++ atau Sublime Text yang nantinya akan di gunakan untuk mengcoding program program sehingga bisa menjadi lebih mudah dan nyaman. Okelah untuk itu lansung saja ke Program dan penjelasannya dalam pointer pada bahasa pemrograman C++. Berikut tampilan script tentang pointer.

Contoh Program Pointer Pada C++
contoh program pointer c++
Nah itu merupakan hasil screnshoot program tentang pointer, jika Anda ingin mengcompilenya maka tulis dahulu scriptnya terus compile menggunakan CMD atau Microsoft Visual Studio. Apabila Anda sudah mengcompilenya maka akan keluar outputnya seperti gambar di bawah ini. Berikut gambarnya,

Hasil Output Program Pointer
output program pointer
Nah itu merupakan hasil output dari program yang ada di atas. Selain itu akan saya jelaskan tentang pengertian dari masing masing potongan script di atas, agar Anda bisa mengerti tentang pointer.

Penjelasan mengenai program pointer :

#include <iostream> ini memiliki maksud sebagai awalan atau bisa kita sebut sebagai header dalam sebuah program, perlu Anda ketahui bahwa peran header ini sangat penting. Untuk itu sudah wajib menyertakan header.

using namespace std; ini memang sudah umum untuk di gunakan dalam bahasa C++, lain lagi dengan bahasa C yang tidak harus menggunakan using namespace std; ini.

int main () { ini merupakan bagian terpenting dari sebuah program, secara mudahnya kita bisa simpulkan bahwa int main () { di dalamnya memiliki fungsi cout atau pengeluaran. Contoh fungsi sederhana dari int main sebagai berikut.

int main () {

      cout << "test";

return 0;
}

Nah itulah fungsi sederhana dari int main () {, apabila Anda ingin mendalaminya lagi Anda bisa browsing browsing di Mbah Google.

Kemudian untuk pointer sendiri ada yang simbol seperti ini *, nah simbol tersebut yaitu sebagai pembeda antara satu dengan yang lainnya atau alamat.

Apabila Anda memahami script pada gambar di atas beserta outputnya maka Anda akan memahami kenapa kok outputnya seperti itu. Coba lihat baik baik pada potongan script

int firstvalue, secondvalue;
int * mypointer;

mypointer =&firstvalue;
*mypointer =10;
mypointer =&secondvalue;
*mypointer =20;

cout << "firstvalue is " << firstvalue << ' \n';
cout << "secondvalue is " << secondvalue << '\n';

maka akan menghasilkan sebuah output seperti pada gambar yang ada di atas, nah dari situ bisa kita pahami mypointer pada firstvalue yaitu memiliki nilai 10 dan pada mypointer secondvalue memiliki nilai 20 sehingga outputnya seperti gambar yang ada di atas.

Itulah contoh program bahasa pemrograman C++ pointer. Sedikit penjelasan dari saya mengenai program pointer dan script mudah mudahan ini bisa bermanfaat bagi Anda khususnya yang lagi belajar bahasa pemrograman C++ pointer.

Dan apabila Anda ingin belajar dengan online dan bisa langsung mengcompilenya maka Anda bisa kunjungi website ini yaitu C++ Shell.

Di situ Anda akan di hadapkan dengan terminal online, yang apabila Anda menginputkan sebuah script maka akan muncul langsung outputnya tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu.

Sekian dari saya tentang pointer, apabila kurang jelas Anda bisa berkomentar di bawah untuk kemudian saya jawab.
Subscribe to this Blog via Email :