Friday, 1 April 2016

Pointer Pada Bahasa Pemrograman C++

Tahukah Anda apa itu Pointer? C ++ pointer mudah dan menyenangkan untuk belajar, tugas beberapa C ++ dilakukan lebih mudah dengan pointer, seperti alokasi memori dinamis, tidak dapat dilakukan tanpa mereka. Seperti yang Anda tahu setiap variabel adalah lokasi memori dan setiap lokasi memori memiliki alamat pasti yang dapat diakses menggunakan ampersand (&) Operator yang menunjukkan alamat di memori.

Sebuah pointer adalah variabel yang nilainya adalah alamat dari variabel lain. Seperti variabel atau konstanta, Anda harus menyatakan pointer sebelum Anda dapat bekerja dengan itu. Bentuk umum dari variabel pointer deklarasi adalah:
 
Pertimbangkan berikut yang akan mencetak alamat dari variabel-variabel yang didefinisikan:

Pointer Pada Bahasa Pemrograman C++
script pointer pengindeksian alamat
Nah itulah gambar dari sebuah script pointer dan untuk itu apabila Anda ingin mencobanya maka silahkan bisa langsung mengetik programnya dan compilenya dengan menggunakan alat bantu yaiut Command Prompt, sehingga jika sukses outputnya akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Pointer Bahasa Pemrograman C++
output
Sebelum melangkah lebih jauh tentang apa itu pointer ada lebih baiknya jika Anda mengetahui lebih mendasar pada pointer ini, sehingga akan memudahkan pada diri Anda dalam memahami sebuah pointer tersebut. Berikut script yang harus Anda pahami di dalam sebuah pointer. 

type *var-name;

Di sini adalah tipe dasar pointer itu harus menjadi C ++ jenis yang valid dan var-nama adalah nama dari variabel pointer. Asterisk yang digunakan untuk mendeklarasikan pointer adalah tanda bintang yang sama yang Anda gunakan untuk memperbanyak. Namun, dalam pernyataan ini tanda bintang tersebut digunakan untuk menunjuk sebuah variabel sebagai pointer. Berikut ini adalah deklarasi:

int    *ip;    // pointer to an integer
double *dp;    // pointer to a double
float  *fp;    // pointer to a float
char   *ch     // pointer to character

Jenis data aktual dari nilai semua pointer, apakah integer, float, karakter, atau sebaliknya, adalah sama, sejumlah heksadesimal panjang yang mewakili alamat memori. Satu-satunya perbedaan antara pointer dari tipe data yang berbeda adalah tipe data dari variabel atau konstanta yang poin pointer ke.


Menggunakan Pointer di C ++:
 
Ada beberapa operasi penting, yang akan kita lakukan dengan pointer. (A) kita mendefinisikan variabel pointer (b) menetapkan alamat dari variabel ke pointer dan (c) akhirnya mengakses nilai di alamat yang tersedia dalam variabel pointer. Hal ini dilakukan dengan menggunakan unary Operator * yang mengembalikan nilai variabel terletak di alamat yang ditentukan oleh operan nya. Berikut contoh memanfaatkan operasi ini:

Pointer Pada Pemrograman C++
penggunaan pointer
 Kemudian untuk hasilnya yaitu sebagai berikut ini, berikut hasil output dari penggunaan script di atas

Pointer C++
output program
Itu merupakan sebuah program dan outputnya, dengan adanya sebuah program dan outputnya di atas bisa membuat Anda sedikit ada gambaran bagaimana cara menggunakan sebuah pointer yang baik dan benar dan memberikan pencerahan terhadap masalah yang satu ini yaitu pointer. Apabila kurang jelas dan ada yang ingin di tanyakan maka bisa di tanyakan melalui kolom komentar di bawah ini dan apabila Anda ingin meminta lagi latihan soal tentang program maka akan saya share lagi mengenai materi yang di bahas. 
 
Subscribe to this Blog via Email :