Saturday, 9 April 2016

Tutorial Google Map Zoom

·   0
Tutorial Google Map Zoom. Sebelumnya pada pembahasan yang kemarain sudah saya bahas tentang bagaimana cara membulat sebuah Google Map versi sendiri dan sudah di jelaskan juga tentang prinsip prinsip dasar dalam membuatnya menggunakan kode pemrograman HTML dan Javascript. Namun dalam pembahasan tersebut masih kurang dan perlu untuk di perlengkap, maka pada pembahasan ini akan saya share tentang cara membuat Google Map Zoom. Bagaimanakah caranya mari kita simak pembahasan berikut ini.

Untuk membuat menjadi zoom ada sedikit program yang harus di sisipkan dalam kode program yang kemarin. Program yang harus di sisipkan yaitu sebagai berikut,

var mapOptions = {
zoom:required zoom value
};

Nah itu adalah kode program yang harus di sisipkan dalam kode program yang kemarin sudah di buat, namun jika masih bingung maka Anda bisa mengopynya kode program yang sudah lengkap. Berikut kode programnya yang harus di copy.

Tutorial Google Map Zoom



Contoh membuat Google Map Zoom 6

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<script src = "http://maps.googleapis.com/maps/api/js"></script>
<script>
function loadMap() {
var mapOptions = {
center:new google.maps.LatLng(17.609993, 83.221436),
zoom:6,
mapTypeId:google.maps.MapTypeId.ROADMAP
};
var map = new google.maps.Map(document.getElementById("sample"),mapOptions);
}
</script>
</head>
<body onload = "loadMap()">
<div id = "sample" style = "width:587px; height:400px;"></div>
</body>
</html>

Kemudian jika sudah di sisipkan potongan syntak tadi berarti langkah selanjutnya maka Anda bisa menyimpannya dengan extensi .html. Apabila sudah di simpan maka panggil lewat browser apa saja, bisa firefox, chrome dan yang lainnya. Namun harus terkoneksi ke dalam internet terlebih dahulu supaya Google Map bisa di gunakan.

Dari kode program di atas apabila di panggil maka akan muncul output pada gambar di bawah ini.

Map Data
Map data ©2016 Google
Map DataMap data ©2016 Google
Map data ©2016 Google
Map
Satellite
BESbewy

Itu merupakan hasil dari Google Map Zoom 6, apabila Anda ingin berkreatif maka Anda bisa mengubah kode scriptnya sesuka hati Anda.

Itulah tutorial cara membuat sebuah Google Map versi sendiri yang tentunya asyik dalam pembuatannya, selain asyik kita juga mengerti kode pemrograman yang di guanakannya seperti htmil, javascript, css dan lain sebagainya.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf dan apabila ada yang kurang jelas dan sekiranya perlu untuk di pertanyakan maka di tanyakanlah melalui kolom komentar di bawah ini.
Subscribe to this Blog via Email :