Sunday, 10 April 2016

Tutorial Mengatur Lokasi Pada Google Map

Tutorial Mengatur Lokasi Pada Google Map. Membuat Google Map sendiri memang sangatlah menyenangkan dan asyik, apa lagi sudah ada tuturial atau panduan yang lengkap untuk saya jelaskan secara detail dan lengkap dan di sertai kode programnya. Sebelumnya pada pembahasan kemarin sudah saya jelaskan secara rinci tentang bagaimana membuat Google Map dari awal, seperti penulisannya bagaimana, dan lain sebagainya.

Berhubung kemarin sudah di jelaskan secara rinci maka sekarang akan saya jelaskan tentang mengatur lokasi pada pembuatan Google Map.

Untuk membuat sebuah lokasi kita hanya membutuhkan kode program javascript saja yang nantinya kode inilah yang akan memanmpilkan semua lokasi. Namun jangan takut terlebih dahulu tentang javascript ini, karena jika Anda tidak bisa coding maka Anda bisa mendownloadnya di Mbah Google Bentuk umum dari javascript yaitu sebagai berikut:

<script src = "https://maps.googleapis.com/maps/api/js?language=zh-Hans"></script>

Nah itulah yang di maksud javascript yang di gunakan untuk menampilkan sebuah lokasi. 

Tutorial Mengatur Lokasi Pada Google Map


Di sini saya akan membuat atau menampilkan lokasi Negara China, maka tinggal sisipkan saja kode programnya di bawah <head> ataupun di atas </head>. Seperti gambar di bawah ini:

<head>
<script src = "https://maps.googleapis.com/maps/api/js?language=zh-Hans"></script>
<script>
function loadMap() {
var mapOptions = {
center:new google.maps.LatLng(32.870360, 101.645508),
zoom:9,
mapTypeId:google.maps.MapTypeId.ROADMAP
};
var map = new google.maps.Map(document.getElementById("sample"),mapOptions);
}
</script>
</head>

Lihat gambar di atas, itulah yang tadi saya maksud, yaitu mengganti kode javascript pada kode programnya untuk mengubah lokasi pada Google Map. Jika kode program tersebut kurang lengkap silahkan Anda bisa cari di postingan saya yang sebelumnya, di sana sudah saya tuliskan kode programnya tinggal Anda menyalinnya.

Nah jika sudah selesai tinggal tahap penyimpanan, tahap penyimpanan harus di beri extensi .html suapaya nanti bisa di panggil lewat browser firefox, chrome ataupun yang lainnya.

Apabila sudah maka tinggal buka browser dan load filenya, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:



地图数据
地图数据 ©2016 Google
地图数据地图数据 ©2016 Google
地图数据 ©2016 Google
地图

卫星图像



Baca juga tutorial tentang - Tutorial Google Map Zoom
                                          - Prinsip Dasar Membuat Google Map Sendiri
                                          - Cara Membuat Google Map Sendiri dengan Script 

Nah itu adalah hasil outputannya dari yang tadi kita menyisipkan sebuah script javascript, untuk itu apabila Anda ingin belajar membuatnya maka pahami secara betul betul cara penaruhannya, karena jika salah menaruh kode javascript tadi maka outputannya tidak akan muncul alias error. 

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf, dan jika ada yang kurang jelas bisa di pertanyakan di kolom komentar yang sudah tersedia di bawah. 
Subscribe to this Blog via Email :