Monday, 30 May 2016

Cara Memanggil Bahasa C++ dengan CMD dan Visual Studio 2005

Cara Memanggil C++ Menggunakan CMD dan Visual Studio 2005. Pada pertemuan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara memanggil bahasa pemrograman C++ yang berextensi .cpp, namun sebelum lanjut ke tahap pembahasan alangkah lebih baiknya jika Anda harus menyiapkan bahan bahannya terlebih dahulu.

Apabila Anda menggunakan Command Prompt ( CMD ) maka Anda harus menyiapkan plugin yang bernama MinGw. Kenapa harus membutuhkan itu? Karena agar bisa memanggil file yang berextensi .cpp pada bahasa pemrograman C++.

Namun apabila Anda menggunakan Visual Studio 2005 maka Anda tidak harus menggunakan MinGw, langsung saja di eksekusi, namun cara pemanggilannya akan berbeda.

Untuk mengetahui apakah Command Prompt Anda sudah bisa di gunakan untuk memanggil file yang berextensi .cpp maka Anda tinggal mengetikan g++ pada Command Prompt dan enter, apabila Ada tulisan error seperti ini:

" 'g++' is not recognized as an internal or external command, operable program or batch files."

Itu berarti MinGw Anda belum di masukkan ke dalam path atau belum di install. Untuk bisa memanggil bahasa C++ lewat Command Prompt maka Anda harus menginstallnya terlebih dahulu. Jika sudah di install maka tahap selanjutnya Anda harus mengikuti langkah langkah berikut ini:

1. Buka terlebih dahulu Windows Explorer Anda masing masing.

2. Setelah terbuka maka langkah selanjutnya yaitu Anda langsung pilih " C -> Program Files -> CodeBlocks-> MinGW-> bin "

3. Silahkan copy alamat tersebut, caranya lihat gambar di bawah ini. 

mengcopy alamat path mingw

4. Jika sudah di copy maka Anda bisa langsung pastekan pada path, caranya sebagai berikut ini:

Klik kanan pada Computer -> Properties -> Advanced System Setting -> Environment Variabel -> Pilih New dan isikan Variabel Name dan Variabel Value.

membuat path untuk mingw

5. Jika sudah di paste maka Anda tinggal klik OK hingga tersimpan. Setelah itu Anda tinggal panggil di CMD dengan mengetikkan perintah "g++" dan tekan enter. Apabila tampilannya seperti pada gambar di bawah ini maka CMD anda sudah bisa untuk di gunakan.

Cara Memanggil Bahasa C++ dengan CMD

Namun jika Anda menggunakan Visual Studio 2005 Anda tidak perlu repot repot harus menginstall MinGW terlebih dahulu, karena Anda bisa langsung memanggil dengan mengetikkan perintah sebagai berikut:

Cara Memanggil Bahasa C++ dengan Visual Studio 2005


Nah itulah cara memanggil bahasa pemrograman C++ lewat CMD dan Visual Studio 2005, silahkan Anda bisa memilih salah satu dari dua pilihan.
Subscribe to this Blog via Email :