Monday, 23 May 2016

Jenis Jenis Parameter dan Contoh Programnya pada C++

Jenis Jenis Parameter dan Contoh Programnya pada C++. Parameter secara teori terdapat pada pendefinisian sebuah fungsi yang di sebut dengan parameter formal, sedangkan parameter yang terdapat pada saat pemanggilan di sebut dengan parameter aktual. Jumlah serta tipe data antara parameter formal dan parameter aktual haruslah sesuai, jika tidak sesuai maka kompiler akan menampilkan pesan kesalahan. Sebagai tambahan sebelum kita akan melanjutkan pembahasan ini marilah Anda kenali terlebih dahulu jenis jenis parameter dalam bahasa C++.

Jenis jenis parameter dalam bahasa pemrograman C++ yaitu ada tiga parameter, apa sajakah itu? yang pertama ada parameter masukan, parameter keluaran dan parameter masukan atau keluaran.

Jenis Jenis Parameter dan Contoh Programnya pada C++


A. Parameter Masukkan

Parameter Masukkan, parameter ini dalam bahasa C++ akan di gunakan sebagai nilai masukan dalam sebuah fungsi. Kemudian pada nilai tersebut akan di proses oleh fungsi untuk menghasilkan sebuah nilai kembalian atau return value. Apa bila kurang jelas maka Anda bisa melihat langsung kode programnya yaitu sebagai berikut:

#include <iostream>
using namespace std;

int BertambahSatu (int X) {
     int hasil;
     hasil = X + 1;
     return hasil;
}

int main () {
    int Bilangan, HASIL;
    cout<<"Masukkan Bilangan Bulat : "<<endl;
    cin>>Bilangan;

HASIL = BertambahSatu (Bilangan);

cout<<"Nilai keluaran : "<<HASIL;

return 0;

}
 
Itulah contoh kode program untuk parameter masukan pada bahasa C++, apa bila Anda mengeksekusi dan memasukan nilai bilangan bulat sepuluh maka Nilai keluarannya akan muncul 11, karena dari program di atas sudah di definisikan pada int BertambahSatu. Apabila kurang jelas maka silahkan Anda bisa langsung mencobanya. Kemudian untuk screnshoot kode program dan pengeluarannya yaitu sebagai berikut:

Kode Program

Contoh kode program parameter bahasa c++

Output atau Pengeluaran

Contoh kode program parameter bahasa c++

Itulah contoh program parameter dan outputnya dalam bahasa C++, apabila Anda ingin mencoba mengcompilenya maka silahkan Anda bisa langsung mengcopynya kode program tersebut.

Kemudian kita akan lanjut untuk membahas parameter yang kedua, yaitu parameter keluaran pada bahasa C++. Berikut penjelasan dan contoh programnya.


B. Parameter Keluaran

Parameter keluaran yaitu parameter yang berfungsi untuk menampung value yang di hasilkan dari proses di dalam fungsi. Parameter keluaran ini pada umumnya di gunakan di dalam fungsi void yaitu fungsi yang tidak dapat mengembalikan value. Dengan kata lain, parameter tersebut berguna sebagai value keluaran dari sebuah fungsi. Maka dari itu, parameter keluaran ini harus di lewatkan berdasarkan alamat atau referensinya, yaiut dengan menggunakan pointer atau reference. Jika kurang jelas maka Anda bisa langsung memahami contoh programnya yaitu sebagai berikut:

    #include <iostream>
    using namespace std;

    void BertambahSatu (int X, int *hasil) {
         *hasil = X + 1;
    }

    int main () {
        int Bilangan, HASIL;
        cout<<"Masukkan Bilangan Bulat : "<<endl;
        cin>>Bilangan;

    HASIL = BertambahSatu (Bilangan);
    cout<<"Nilai keluaran : "<<HASIL;

    return 0;
    } 

Dari contoh kode program di atas apabila di compile maka akan menghasilkan sebuah Output yang seperti pada gambar di bawah ini:

Contoh program parameter keluaran bahasa c++

C. Parameter Masukan atau Keluaran 

Parameter Jenis ini adalah parameter yang di gunakan sebagai masukan dan juga sebaga parameter keluaran. Artinya yaitu, mula mula nilai dari parameter ini akan di gunakan sebagai masukan untuk proses di dalam fungsi, setelah proses selesai maka hasilnya akan di simpan kembali ke dalam parameter tersebut sebagai value keluaran. Berikut ini adalah contoh kode program Parameter Masukan atau Keluaran pada bahasa C++:
        #include <iostream>
        using namespace std;

        int BertambahSatu (int X) {
             *X =  *X + 1;
        }

        int main () {
            int Bilangan;
            cout<<"Masukkan Bilangan Bulat : ";
            cin>>Bilangan;

        cout<<"Nilai keluaran : "<<BertambahSatu(&Bilangan);

        return 0;

        }
Dari contoh kode program di atas apabila di compile maka outputnya akan sama pada output keluaran, atau program tersebut tidak di kenali saat proses mengcompile.

Itulah jenis jenis parameter yang dapat saya sampaikan tentang penjelasan dan contoh kode programnya dan sekiranya postingan untuk kali ini bisa membantu bagi Anda yang khususnya sedang mencari tentang artikel jenis jenis parameter pada bahasa C++.
Subscribe to this Blog via Email :