Monday, 20 June 2016

Cara Belajar Mengetik 10 Jari dengan Mudah

·   0
Cara Belajar Mengetik 10 Jari dengan Mudah. Mengetik dengan 10 jari adalah suatu kebanggaan bagi siapa saja yang sudah mahir atau hafal dengan susunan keybord pada komputer ataupun lapotp yang sudah sehari hari kita pegang untuk bekerja di kantoran ataupun untuk mengerjakan sebuah tugas. Karena kebanyakan orang orang tidak bisa untuk mengetik dengan cepat menggunakan 10 jari walaupun sehari hari orang tersebut terkadang menyentuh keyboard untuk bekerja ataupun mengejakan tugas.

Jika Anda ingin bisa untuk mengetik 10 jari maka Anda haruslah berusaha setiap hari atau bisa 3 kali dalam seminggu, berdasarkan pengalaman saya saat belajar untuk bisa mengetik 10 jari adalah waktu yang saya butuhkan hampir 4 bulanan lebih dan setiap 3 kali dalam satu minggu saya selalu belajar terus menerus, pada awalnya saya tidak tahu tentang trik dan tipsnya saat mau mengetik menggunakan 10 jari, kemudian secara bergantinya hari ke hari saya di beri tahu tentang dasar dasar dalam mengetik menggunakan 10 jari. Berikut akan saya jelaskan mengenai trik dan tripsnya secara tuntas berdasarkan pengalaman saya saat kursus.

Cara Belajar Mengetik 10 Jari dengan Mudah

Sebelum mengetik hendaknya Anda harus tahu terlebih dahulu batasan batasan tombol yang harus masuk pada bagian tangan kanan dan bagian tangan kiri, seperti pada gambar di atas yang sudah saya buatkan bagian bagian tombol keyboardnya. Selain itu Anda juga harus memperhatikan bahwa pada tombol F dan J tedapat tanda yang spesial tersendiri di bandingkan dengan tombol tombol yang lainnya. Lalu fungsi tanda tersebut untuk apakah? Fungsi tombol tersebut adalah untuk pembatas antara tangan kanan dan tangan kiri, pada bagian tombol F harus di tempati jari telunjuk kiri dan untuk tombol J harus di tempati telunjuk kanan, seperti pada tampilan gambar di atas.

Kemudian untuk memulai dalam belajar mengetik dengan 10 jari ada caranya tersendiri yang harus Anda lakukan agar jari jari Anda bisa lemas dan bsia mengenali huruf huruf yang terdapat pada bagian keyboard komputer ataupun laptop. Berikut adalah cara pertama yang harus Anda laukan terlebih dahulu, berdasarkan pengalaman saya mengetik dengan cara ini maka jari jari akan menjadi lemas dan bisa untuk mengenali huruf hurufnya.

ZX     CZ   XV    CX   VC   CZ   XZ

NM   MZ   XM   C,     Z.     ZV   BN

Itulah trik dan tipsnya yang harus Anda lakukan terlebih dahulu, kelihatnya sangatlah mudah sekali bukan hanya mengetik huruf huruf seperti itu, namun Anda jangan senang dulu, huruf tersebut harus di ketik menggunakan jari masing masing, seperit gambar di atas itu. Silahkan Anda lenturkan terlebih dahulu jari kelingking Anda dengan cara mengetik berulang ulang tulisan yang sudah saya berikan di atas, karena saya yakin sekali jari yang paling sulit untuk mengetik yaitu jari kelingking dan jari manis, untuk itu Anda harus berulang ulang setiap hari.

Kemudian apabila Anda sudah mahir dalam mengetikan tulisan di atas maka kita akan mengetikkan lagi tiga kata tanpa harus melihta sebuah keyboard. Coba Anda ketikkan tulisan berikuti ini di pada keyboard Anda dengan posisi jari seperti pada gambar di atas.

ZXC      CVB     XZV     VXC     XVX     ZZX     XCZ

MCZ     XXM    ZNB     VBN    XNV      ZCM    XXN

Coba ketikkan tulisan di atas menggunakan jari masing masing, apabila jari jari Anda sudah bisa di ajak kompromi / lentur maka Anda akan sangatlah mudah sekali dalam mengetik. Apabila Anda sudah bisa mengetikkan tulisan di atas maka kita bisa langsung mengetikkan juga tulisan selanjutnya yaitu dari huruf A sampai L. Kenapa harus dari bawah ke atas dalam berlatih mengetik? Berdasarkan pengalaman saya bahwa tombol tombol bawah seperti Z,X,C,V,B,N,M kemudian tanda (, . / < > ?) adalah sebuah tombol yang pada umumnya sangat sulit untuk di ketikkan menggunakan 10 jari. Untuk itu saya sarankan kepada Anda jika ingin mengetik ahli dengan 10 jari maka Anda dapat mengikuti tips dan trik saya ini. Berdasarkan pengalaman saya, saya bisa mahir mengetik dengan 10 jari membutuhkan waktu kurang lebih 4 bulan belajar.

Saat Anda sedang berlatih mengetik menggunakan jari maka apa saja yang harus di lakukan dari awal hingga akhir? Berikut akan saya jelaskan mengenai tahap tahap dalam mengetik dari awal sampai akhir.

1. Cara Meletakan Jari yang Benar pada Keyboard

Tahap pertama sebelum mengetik adalah memahami cara peletakan jari jari yang benar dan tepat agar nantinya saat kita sudah terbiasa akan menjadi lebih mudah dan bisa memahim keyboard tanpa harus mengingatnya karena kita sudah terbiasa. Berikut adalah peletakan jari jari tangan pada keyboard yang benar dan tepat.
  • Jari Jempol                  :  Kedua jari jempol yaitu harus memengang spasi
  • Jari Penunjuk Kanan   : Jari Penunjuk pada tangan kanan yaitu harus menguasai tombol seperti berikut Y H N J U J M, namun posisi jari tangan haru standbye di tombol atau huruf J yang ada tanda kecilnya.
  • Jari Penunjuk Kiri        : Jari Penunjuk pada tangan kiri yaitu harus menguasai tombol seperti berikut T G B R F V, namun Anda juga  harus mengingatnya juga bahwa pada jari penunjuk pada tangan kiri harus standbye juga pada huruf atau tombol F yang ada tandanya. 
  • Jari Tengah Kanan       : Jari Tengah pada tangan kanan yaitu harus bisa menguasai tombol di antaranya yaitu I K , < namun jari tersebut harus selalu siap pada tombol K
  • Jari Tengah Kiri            : Jari Tengah pada tangan kiri yaitu harus menguasai tombol E D C dan jari tengah tersebut haruslah selalu di tempatkan pada tombol D
  • Jari Manis Kanan         : Jari Manis pada tangan yaitu harus menguasai tombol O L > .
dan selalu standbye di tombol L
  •  Jari Manis Kiri             : Jari Manis pada tangan kiri haruslah menguasai tombol W S X dan selalu standby di tobmol S
  •  Jari Kelingking Kanan : Jari Kelingking pada tangan kanan yaitu harus menguasai tombol ini P : ; / ? dan selalu menempatkan jari kelingking tersebut di tombol : atau ; 
  • Jari Kelingking Kiri       : Jari Kelingking pada tangan kiri yaitu haruslah menguasai tombol tombol Q A Z dan selalu standbye juga pada tombol A sebelum mengetik dan sesudah mengetik 

2. Berlatih Mengetik dari Bawah ke Atas

Maksud dari mengetik dari bawah ke atas adalah, bahwa pada keyboard terdapat tombol Q W E R T Y U I O P terletak paling atas dari tombol A S D F G  H J K L, begitu juga pada tombol di bawahnya yang harus Anda pelajari terlebih dahulu agar jari jari Anda sudah terbiasa dalam mengetik dalam 10 jari, karena kesulitan dalam mengetik menggunakan 10 jari adalah tombol paling bawah yang sulit untuk di tekan. Namun jika Anda berlatih dari tombol yang paling bawah ke atas maka Anda akan terbiasa dan lama kelamaan jari jari Anda tidak akan kaku lagi, memang pertama berlatih menggunakan 10 jari sangatlah capek, pegel, kaku dan bahkan jari jari menjadi sangat sulit untuk di gerakan, karena hal tersebut sudah saya rasakan berdasarkan pengalaman saya saat belajar mengetik di kursus komputer.


3. Berlatih Mengetik Tanpa Melihat Keyboard 

Jika Anda sudah mempraktikkan atau menerapkan tips dan trik yang pertama dan yang kedua maka selanjutnya Anda harus menerapkan tips dan trik yang ketiga yaitu mengetik tanpa harus melihat keyboard laptop atau komputer. Coba Anda ketikkan kata kata yang sedikit lebih sulit dari buku tapi mata Anda harus tertuju pada buku tersebut jangan tertuju pada keyboard. Mengapa begitu? Karena dengan begitu Anda akan terbiasa menguasai tombol keyboard tanpa harus melihat lagi dalam mengetik. Kalau Anda tidak percaya silahkan buktikan sendiri tips dan trik saya ini.


4. Berlatih Mengetik dengan Batas Waktu

Berlatih dengan batas waktu yaitu adalah Anda harus mengetik sebuah kata kata yang sangat banyak namun pada proses pengetikkan haruslah di beri waktu / stopwatch. Dulu saat saya berlatih mengetik dengan batas waktu yaitu di beri waktu 5 menit haruslah bisa menuliskan kata kata sebanyak 1 lembar kertas A4. Bisa Anda bayangkan bahwa pada kertas A4 tersebut menggunakan ukuran font 12 Times New Roman dengan sepasi 1,5 . Banyak sekali bukan? Namun saya tidak bsia menyelesaikannya sampai akhir karena saat itu saya belum mahir dalam mengetik.


5. Berlatih Mengetik dengan Mata Tertutup

Apabila Anda perhatikan cara berlatih mengetik dengan mata tertutup dan tidak melihat keyboard sangatlah berbeda jauh, jika Anda cermati betul betul orang yang mengetik di keyboard dengna mata tertutup itu tandanya sudah bisa mengenali tombol tombol yang terdapat pada keyboard, namun jika mengetik tanpa melihat keyboard itu tandanya belum sepenuhnya mengenali tombol tombol pada keyboard, karena masih lihat lihat keyboard pastinya, ini berlaku pada orang oarang yang baru latihan.


Begitulah tips dan trik yang dapat saya berikan berdasarkan pengalaman saya saat belajar mengetik menggunakan 10 jari yang kurang lebih membutuhkan waktu 4 bualanan. Namun jika Anda ingin berlatih mengetik menggunakan 10 jari dengan lancar maka Anda tidaklah harus membutuhkan waktu hingga 4 bulanan, yang penting setiap hari haruslah belajar tidak seperti saya yang tiap minggu 3 kali dalam 4 bulan.

Apabila Anda ingin belajar mengetik menggunakan 10 jari tanpa bosan maka Anda dapat mendownload sebuah software bantuan yang dapat Anda gunakan untuk menemani belajar, dengna bantuan software ini mungkin Anda akan selalu semangat setiap hari saat mau belajar mengetik menggunakan 10 jari. Download langsung saja software RapidTyping di bawah untuk belajar mengetik

Download Software RapidTyping for Windows

Subscribe to this Blog via Email :