Thursday, 30 June 2016

Contoh Bahasa Pemrograman C++ Array

·   0
Contoh Bahasa Pemrograman C++ Array. Array adalah sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang dimiliki oleh tipe yang sama. Setiap data tersebut menempati lokasi atau alamat memori yang berbeda beda dan selanjutnya di sebut dengan elemen array. Elemen array itu kemudian dapat di akses melalui indeks yang terdapat di dalamnya. Namun sangatlah penting sekali untuk di perhatikan bahwa dalam C++, indeks array selalu di mulai dari 0, bukan di mulai dari 1. Masih bingung untuk memahami indek array? Jika masih bingung maka Anda dapat memahaminya pada pembahasan di bawah.

Contoh Bahasa Pemrograman C++ Array


Dan apabila Anda masih bingung mengenai pengindekkan pada array, berikut ini adalah tampilan gambar yang dapat Anda pahami mengenai indek array yang di mulai dari 0.
contoh gambar indek pada array bahasa pemrograman c++
Untuk mendeklarasikan sebuah array dalam C++, kita harus menggunakan tanda [ ] (bracket). Adapun bentuk umum dari pendeklarasiannya adalah sebagai berikut :


tipe_data nama_array [jumlah_elemen]

Sebagai contoh jika kita ingin mendeklarasikan sebuah array ( misalnya dengan nama LARIK) yang memiliki 25 elemen dengan tipe data int, maka pendeklarasiannya adalah seperti contoh di bawah ini:


int LARIK[25];

Ruang memori yang di butuhkan untuk pendeklarasian array tersebut adalah 100 byte, yang berasal dari 25x4 byte ( 4 merupakan ukuran dari tipe data int). Sedangkan cara yang di gunakan untuk mengakses elemennya adalah dengan menuliskan indeksnya. Misal kita ingin mengambil nilai yang terdapat pada elemen ke 10 dan menampung nilai tersebut ke dalam sebuah variabel yang bertipe int juga ( misal X), maka kita harus menuliskan contoh programnya seperti di bawah ini:


X = LARIK [9];

Kenapa di atas di isi 9? bukan 10 saja? Ingat, ya indek array selalu di mulai dari 0, sehingga untuk mengakses elemen 10 maka indeks yang kita masukkan adalah 10-1 berarti 9.


Mengisikan Nilai ke dalam Elemen Array

Untuk mengisikan nilai ke dalam elemen elemen array, kita dapat melakukannya secara langsung untuk setiap elemen elemen pada array, misalnya sebagai berikut:


B [0] = 10
B [1] = 20
B [2] = 30

Namun cara ini tidak di rekomendasikan dalam penulisan sebuah array pada C++, karena dengan mengisikan nilai array dengan cara ini maka akan sangatlah lama sekali dan dapat mengurangi waktu yang banyak bagi Anda. Cara yang umum dan banyak digunakan oleh para programmer untuk mengisikan nilai ke dalam elemen elemen array adalah dengan menggunakan pengulangan ( looping). Cara ini akan jauh lebih cepat di bandingkan harus mengisikan satu per satu seperti pada cara di atas. Sebagai contoh jika kita menuliskan array dengan cara looping maka contoh programnya sebagai berikut:


for (int C=0; C<25; C++) {
      cout<<"A"<<C<<"] = "; cin>> A [C];
}

Berikut ini adalah contoh program yang di dalamnya terdapat pengisian array dengan menggunakan proses array atau bisa di sebut juga dengan looping.

#include <iostream>

using namespace std;



int main()

{

   int A [5];

  

   for (int C=0; C<5; C++) {

       cout<<"A["<<C<<"] = "; cin>>A[C];

   }

   return 0;

}

Itulah Contoh Bahasa Pemrograman C++ Array yang dapat Anda pahami dari postingan saya ini, semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi Anda dan bisa memberikan wawasan mengenai bahasa pemrograman C++.
Subscribe to this Blog via Email :