Monday, 13 June 2016

Optimasi SEO On Page pada Blogspot

·   0
Optimasi SEO On Page pada Blogspot. Optimasi SEO On Page pada blog atau website adalah suatu hal yang perlu untuk Anda lakukan untuk tujuan agar blog yang Anda kelola dapat bersaing dengan baik di SERP Google dan bisa untuk menempati pege one Google. Cara untuk melakukan seo on page adalah sangat mudah sekali untuk bisa Anda lakukan, yaitu hanya optimasi pada template dan artikel yang akan di publikasikan.

Optimasi SEO On Page pada Blogspot

Sebelum lanjut ke pembahasan seo on page lebih jauh saya akan membahas mengenai seo on page pada template terlebih dahulu dan kemudian berlanjut ke artikel. SEO On Page pada template yaitu memiliki ciri ciri supaya template yang Anda gunakan ramah dengan Google dan tentunya bisa meningkatkan pengunjung blog atau situs Anda. Ada beberapa poin yang akan saya bahas mengenai seo on page pada template, untuk itu mari kita bahas satu per satu poin seo on page pada template tersebut.

SEO On Page Pada Template

Pada umunya semua sudah tahu tentang template yang di sukai oleh Google agar bisa mendatangkan visitor ke blog atau situs yang Anda kelola. Apa sajakah template yang di sukai oleh Google untuk mendatangkan visitor? Berikut penjelasannya.

1. Desain Responsive / Mobile Friendly

Tentu sangat jelas sekali bahwa template yang memiliki desain responsive atau mobile friendly sangat mudah untuk di akses melalui gadget handphone ataupun laptop, karena dengan menggunakan desain template yang responsive dapat juga meningkatkan earning pada Google Adsense juga. Oleh karena itu Anda dapat menggunakan desain template yang responsive untuk blog Anda untuk optimasi seo on page.

Optimasi SEO On Page pada Blogspot dengan Kualitas yang Tinggi

Apabila Anda ingin mengecek template pada blog Anda responsive atau mobile friendly Anda dapat meneceknya di ami.responsive.

2. Judul Menggunakan H1

Judul pada sebuah blog atau website harus menggunakan H1 bukan H2 ataupun H3, karena judul pada sebuah artikel adalah hal yang paling penting untuk Anda perhatikan, dengan demikian maka pembaca akan bisa membedakan mana judul dan subjudul pada artikel Anda. Namun Anda jangan terlalu memikirkan bagaimana cara membuat H1 untuk judul, karena pada dasarnya temlate yang Anda download atau yang sudah di pakai biasanya sudah terstruktur antara judul dan subjudul namun apabila Anda ingin menecek apakah benar maka Anda dapat mengikuti langkah langkah berikut:
  • Kunjungi artikel Anda yang sudah di publish
  • Tekan kanan pada mouse Anda di halaman template
  • Pilih inspect element
Optimasi SEO On Page pada Blogspot untuk Menaikkan Traffic
  • Dan cari pilih tanda panah yang terletak di pojok kiri tersebut kemudian arahkan ke judul artikel Anda maka akan ada keterangannya kalau artikel judul artikel Anda H1 atau tidak.
 3. Subjudul Harus H2

Penggunaan sub judul pada template juga berpengaruh penting pada kualitas seo web atau blog Anda, untuk itu Anda dapat menggunakan H2 ini sebagai sub judul pada blog atau website Anda, dengan demikian maka template yang Anda gunakan sudah memenuhi standar seo untuk Google.

4. Fast Loading Template

Template blog yang memiliki loading yang sangat cepat tentunya akan membuat posisi blog atau website kita semakin meningkat di SERP Google, karena robot text pada google dapat merayapi (crawl) blog atau website kita dengan sangat cepat dan itu suatu keutnungan bagi kita bukan. Untuk mengecek apakah template Anda fast loading atau tidak Anda dapat mengeceknya di checkme.com .Di situ Anda dapat melihat seberapa cepat template blog yang Anda pakai.

5.Url

Tahukah Anda bahwa url ternyata bisa juga mempengaruhi kualitas SEO pada blog yang Anda kelola, Google sendiri telah menyebutkan bahwa url blog yang bagus dan baik ketika hanya memiliki 3-5 kata saja pada urlnya. Seperti contoh sebagai berikut ini.

Optimasi SEO On Page pada Blogspot untuk Menaikkan Traffic dengan Cepat dari Google


 6. Share Social Media

Optimasi SEO On Page pada Blogspot dengan Tombol Share Social Media


Sebuah templalte jika tidak ada share social media seperti masih kurang dari kata seo, karena share social media ini dapat berpengaruh penting terhadap blog atau website yang Anda kelola, misalkan ada pengunjung yang menyukai artikel Anda kemudian dia mengshare ke widget social media maka itu akan berdampak positif bagi blog atau website Anda, karena orang yang mengshare artikel Anda di anggap artikel unik dan tentunya menarik.

Itulah beberapa ulasan mengenai seo on page pada template blog, kemudian kita akan membahas mengenai cara seo on page pada sebuah artikel blog atau website yang kika kelola, seo on page pada sebuah artikel akan saya jelaskan sebagai berikut.

1. Internal Link

Apabila Anda membuat sebuah artikel maka Anda jangan lupa untuk memberikan internal link pada artikel yang baru Anda buat, pemberian internal link bisa sampai 10 atau bahkan lebih dari itu, namun batas optimalnya hanyalah 3 saja untuk pemberian internal link pada sebuah artikel.

Lalu apa itu internal link?

Internal Link adalah sebuah url atau alamat blog kita sendiri yang sengaja kita tanam di dalam artikel yang kita buat dengan tujuan untuk menyempurnakan sebuah artikel apabila ada kekurangan dan agar bisa menjadi lebih seo.

2. External Link

External Link adalah cara memberi sebuah url atau alamat blog orang lain ke dalam sebuah artikel kita sendiri, contoh simpelnya pemberian external link dalam membuat sebuah artikel. " Apabila kita ingin mengedit blog maka kita harus masuk ke Blogger terlebih dahulu" nah itulah yang di namakan oleh external link pada sebuah blog

3. Jumlah Kata pada Sebuah Artikel

Jumlah kata pada suatu artikel juga mempengaruhi rangkind blog atau website di SERP Google, karena situs yang memiliki banyak kata dengan yang tidak banyak kata maka Google akan memandang kalau situs yang memiliki banyak kata jauh lebih seo di bandingkan hanya yang sedikit, karena situs atau blog yang memiliki banyak kata memiliki manfaat yang lebih luas.


Itulah beberapa ulasan mengenai cara optimasi seo on page pada blogspot yang dapat saya simpulkan, untuk itu apabila Anda ignin menuliskan sebuah artikle maka Anda harus memilih judul yang tepat terlebih dahulu kemudian berlanjut ke internal link, external link dan jumlah kata dalam sebuah artikel tersebut. 

Namun juga perlu di perhatikan dengna penampilan sebuah template yang Anda gunakan, karena template yang responsive dan yang sederhana akan membuat blog kita semakin seo dan bisa meningkatkan rangking di SERP Google, saran dari saya apabila template pada blog Anda memiliki widget yang tiada fungsinya seperti untuk penghias saja maka hapus saja widget tersebut, karena Google sendiri tidak menyukai tampilan blog atau website yang kebanyakan widget yang tidak ada fungsinya tetapi hanya sebatas penghias.
Subscribe to this Blog via Email :