Wednesday, 6 September 2017

Tutorial Input dan Output pada Bahasa C++

·   0
Tutorial Input dan Output pada Bahasa C++. Pada pagi hari ini kita akan belajar dan membahas mengenai input dan output pada bahasa pemrograman C++ yang sebelumnya kita telah belajar bagaimana cara membuat program buble sort sederhana dengan C++.

Tutorial Input dan Output pada Bahasa C++

Pada Input dan Output di C++ di lakukan dalam bentuk urutan byte atau kita bisa menamainya dengan sebutan nama Stream. Pada dasarnya ada dua Stream, yaitu Stream Input dan yang satu Stream Output.

Stream Input adalah kita memasukkan sebuah input melalui sebuah keybord, sedangkan

Stream Ouput adalah sistem yang melakukan proses terhadap apa yang kita inputkan dari keyboard, kemudian di tampilkan ke layar Laptop/Komputer.

Perlu teman teman ketahui jika ingin melakukan sebuah proses Input dan Output di bahasa pemrograman C++, teman teman harus mengerti tentang file header yang tersedia di C++ yaitu sebagai berikut:

- Iostream : Pengertian dari Iostream adalah singkatan dari kata Input Stream Output Standar, pada file ini berisi mencangkup cin, cout, cerr dan lain sebagainya.

- Iomanip : Pengertian dari Iomanip adalah singkatan dari Manipulator Input Output, pada file ini berisi mencangkup setw, setprecision dan lain lain.

- Fstream : Pada Fstream ini biasanya menangani data yang dibaca dari sebuah file sebagai Input atau data yang dituliskan ke dalam file sebagai Output.


Dalam bahasa pemrograman C++ kita sering menggunakan istilah kata Cin dan Cout bukan? Nah kata tersebutlah yang kita nama dengan nama Input dan Output. Di bawah ini adalah contoh sederhana code program Output dari Bahasa Pemrograman C++.

#include <iostream>
 
using namespace std;
 
int main( ) {
   char sample[] = "Test di coba";
 
   cout << sample << "Budayakan comments gan";
   
   return 0;
}


Jika code di atas di jalankan maka teman teman akan melihat hasil dari program tersebut seperti gambar di bawah ini.

Tutorial Input dan Output pada Bahasa C++

Perlu teman teman ketahui bahwa pada C++ tanda << di namakan dengan output, sendankan tanda >> dinamakan input.


Di bawah ini akan di berikan contoh code program sederhana mengenai Input pada C++, mari kita lihat dan samakan dengan code program di atas, maka akan ada sedikit tambahan pada code program di bawah ini.

#include<iostream>
using namespace std;

int main()
{
    int age;
    
    cout << "Masukkan Umurmu:";
    cin >> age;
    cout << "\nUmurmu adalah: "<<age;
    
    return 0;
}


Pada code di atas ada tambahan cin dengan tanda >>, artinya jika kita run code program di atas maka kita akan di suruh untuk memasukkan angka umur. Lihat gambar di bawah ini untuk hasilnya.

Tutorial Input dan Output pada Bahasa C++

Silahkan teman teman masukkan angka terserah teman teman, di sini saya akan memasukan angka untuk umur yaitu 3. Maka hasilnya akan seperti di bawah ini.

Tutorial Input dan Output pada Bahasa C++

Nah hasil akhirnya seperti gambar di atas teman teman, bagaimana teman teman mudah bukan? Mungkin cukup sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat dan membantu teman teman dalm belajar Bahasa Pemrograman C++. Jika ada yang kurang jelas teman teman bisa langsung komentar.

Sekian dan terimakasih.
Subscribe to this Blog via Email :