Saturday, 4 November 2017

Perbedaan String [] dengan ArrayList Pada Bahasa Java

Perbedaan String [] dengan ArrayList<String> Pada Bahasa Java. Halo teman teman kembali lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan tutorial tentang perbedaan antara String[] dengan ArrayList<String>. Pada dasarnya keduanya hampir memiliki fungsi yang sama pada bahasa java, hanya saja pada penulisannya yang berbeda, untuk pemanggilannya keduanya sama. 

Perbedaan String [] dengan ArrayList<String> Pada Bahasa Java

Pasti teman teman bingung mau menggunakan yang String[] atau yang ArrayList<String>, kalau saya lebih enak dan cepat menggunakan ArrayList<String> ini karena kita tidak usah memberikan angka indek secara berkala, sedangkan jika kita menggunakan String[] maka kita wajib memberikan angka parameter sebagai definisi, jika tidak maka akan error. Mari kita langsung saja ke pembahasannya teman teman.

Pertama kita akan membahas tentang String[] dan cara mengaksesnya.

Jika kita mau menggunakan String [] maka teman teman bisa menuliskan seperti code di bawah ini pada java.

String[] nama = new String[5];nama[0]= "Marilah Coding";nama[1]= "Marilah Coding";nama[2]= "Marilah Coding";nama[3]= "Marilah Coding";nama[4]= "Marilah Coding";

Jika kita lihat pada code di atas maka kita akan menemukan angka 5, kenapa saya isikan di sana angka 5? karena saya ingin menampilkan tulisan Marilah Coding sebanyak 5 maka saya harus mendefinisikan di parameter String angka 5. Inilah yang menjadi lama ketika kita menggunakan String[] di bandingkan ArrayList<String>

Kemudian untuk mengakses pada String[] caranya seprti di bawah ini teman teman.

ArrayAdapter prk = new ArrayAdapter(Layar_Dua.this, android.R.layout.simple_list_item_1,nama);
theList.setAdapter(prk);

Di sini saya menggunakan ArrayAdapter dengan variabel prk. Kemudian variabel prk saya panggil lagi di id listview dengan nama theList.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai ArrayList<String> pada java, untuk penulisannya pada bahasa java maka seperti ini teman teman.

ArrayList<String> argo = new ArrayList<>();argo.add("Marilah Coding");argo.add("Marilah Coding");argo.add("Marilah Coding");argo.add("Marilah Coding");

Pada code di atas terlihat ada perbedaan, yaitu pada bagian pengisian kata String, jika pada String[] tidak menggunakna .add, maka di ArrayList<String> harus menggunakan .add untuk menampilkan sebuah informasi.

Kemudian untuk cara pengaksesannya masih sama dengan String[], caranya sebagai berikut ini teman teman.

ArrayAdapter prk = new ArrayAdapter(Layar_Dua.this, android.R.layout.simple_list_item_1,argo);
theList.setAdapter(prk);

Oke teman teman mungkin cukup sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat dan membantu bagi teman teman, jika ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas maka teman teman bisa langsung berkomentar di bawah yah.

Sekian dan terimakasih.
Subscribe to this Blog via Email :